Jumat, 01 Juli 2011

cara membuat password file dokumen word

Buat teman-teman yang masih pemula. Terkadang kita perlu memproteksi file (dokumen) word kita untuk menjaga agar file tersebut tidak diubah oleh orang lain. Secara default kita dapat memanfaatkan fasilitas proteksi dokumen yang telah disediakan oleh Microsoft Word.

Berikut cara membuat password file word:

1. Buka dokumen word yang akan diproteksi
2. Pada menu bar pilih Tools => Options..

Buat password word
3. Pada kotak dialog Options, pilih tab Security
a. Pada bagian password to open (masukkan password yang diinginkan)
b. Pada bagian password to modify (bisa diabaikan/dikosongkan jika anda tidak perlu memasukkan password pada saat akan melakukan modifikasi/ pengeditan)
c. Klik OK

Ketik password word4. Masukkan password yang telah diketik pada point 3

konfirmasi password word
5. Pada menu bar pilih File => save ( save as ) untuk menyimpan file

buka file word

6. Jika anda ingin memuka file tersebut anda harus memasukkan password, kotak dialog akan tampak seperti di bawah ini

Password saat buka file word

cara membuat bingkai di halaman word

Buat teman-teman yang masih pemula dan mungkin kesulitan dalam membuat bingkai di halaman word. Ada beberapa cara membuat bingkai, jika anda ingin membuat secara manual bisa gunakan fasilitas drawing (autoshape), namun sebenarnya word menyediakan fasilitas untuk membuat bingkai. Setelah anda membuat bingkai, jika berpindah halaman atau membuat halaman baru dalam dokumen word yang sama, maka secara otomatis bingkai tersebut akan dibuat oleh word 2003. Bingkainya bisa berbentuk garis atau berupa icon artistik.

Untuk membuat bingkai artistik bisa lakukan prosedur berikut:

1. Buat sebuah dokumen baru
Pilih Format -> Borders and Shating..



2. Di bagian tabulasi "Page Border", pilih salah satu item yang tersedia di bagian setting, style,atau color,


Pada kotak dialog di atas pilih option untuk mengatur margin border
Atur nilai top,bottom,left, dan right

Pada mesure from bisa pilih Egdeof page atau "Text"
Klik OK
3. Selain itu anda juga bisa membuat bingkai artistik
Dibagian art pilih gambar artistik yang tersedia
Catatan:
Dalam beberapa kasus gambar artistik ini tidak tersedia di word 2003, biasanya jika tidak tersedia maka saat melakukan klik pada bagian art akan muncul kotak konfirmasi untuk menginstalnya, anda cukup masukkan CD installer Word ke dalam CD ROOM Player,kemudian tunggu hingga proses instalasi bingkai artistik selesai.

Klik OK

4. Hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah (bingkai yang saya pilih berbentuk bintang).

MS WORD :Paragraf, Margin, Font

MS WORD 2:Paragraf, Margin, Font


A. PARAGRAF
Paragraf adalah sekumpulan kalimat yang mengandung makna tertentu dan tidak dapat dipisah-pisahkan. Jika mengetik dengan mesin tik, enter ditekan untuk mengakhiri setiap barisnya. Tetapi tidak begitu halnya dalam Word 2007. Penekanan tombol enter hanya dilakukan jika ingin berpindah ke paragraph berikutnya.
Salah satu bentuk format paragraf yang sering digunakan adalah perataan paragraf (Paragraph) yang terdapat pada menu bar Home. Perataan ini terdiri atas :
-          Perataan Kiri (AlignText  Left)
-          Perataan Tengah (Center)
-          Perataan Kanan (Align Text Right)
-          Perataan Penuh kanan dan kiri (Justify)
Langkah yang digunakan untuk menentukan perataan ini adalah :
1.         Tempatkan kursor pada naskah yang akan diubah perataanya.
2.         Klik icon perataan yang diinginkan pada sub menu Paragraph
Spasi baris digunakan untuk menentukan jarak antara baris satu dengan baris berikutnya dalam suatu paragraf. Perintah yang digunakan untuk menentukan spasi baris ini adalah sebagai berikut :
1.         Tempatkan kursor pada paragraf yang diinginkan atau sorot beberapa paragraf.
2.         Klik icon Line Spacing yang terdapat pada sub menu Paragraph, kemudian pilih spasi yang diinginkan, atau
3.         Klik  Paragraph Button  untuk menampilkan paragraph menu secara utuh
4.         Atau dapat juga langsung dengan menggunakan Toolbar formating
B. MARGIN
Margin adalah jarak antara tepi pengetikan dengan tepi halaman kertas. Margin berguna untuk mengatur dokumen agar dapat dicetak sesuai dengan keinginan. Menu margin akan muncul dengan cara:
1.     Klik Page Layout, dilanjutkan dengan klik Margin
2. Akan muncul berbagai pilihan pengaturan margin. Apabila ingin men-set sendiri pilih Custom Margin dan akan muncul tab Page Setup atau langsung klik dari Page setup Button
Arti dari tab Page Setup yang tersedia adalah:
  • Top, digunakan untuk mengatur batas atas dokumen mulai dari tepi atas kertas.
  • Bottom, digunakan untuk mengatur batas bawah dokumen mulai dari tepi bawah kertas.
  • Left, digunakan dalam pengaturan batas kiri dokumen mulai dari tepi kiri kertas.
  • Right, digunakan untuk pengaturan batas kanan dokumen mulai dari tepi kanan kertas.
  • Gutter, digunakan untuk memberikan jarak tertentu dari tepi kiri kertas atau tepi atas kertas dengan tujuan untuk memberikan lokasi kosong untuk penjilidan. Pengaturan posisi dari gutter ini kita tentukan pada bagian pilihan Gutter posistion yang menyediakan dua alternatif posisi, yaitu posisi kiri (left) atau atas (top)
  • Header, digunakan untuk pengaturan posisi dari catatan kepala (header) mulai dari tepi atas kertas.
  • Footer, digunakan untuk pengaturan posisi dari catatan kaki (footer) mulai dari tepi bawah kertas. Header dan footer ini akan otomatis tampil pada setiap halaman dokumen.
  • Tab Orientation, digunakan untuk menetukan arah percetakan halaman. Arah pengaturan halaman dokumen ini terbagi dua, yaitu ;
-          Portrait, adalah metode pengaturan halaman dokumen dengan arah tegak (vertikal), sedangkan
-          Landscape, adalah metode pengaturan halaman dokumen dengan arah melebar (horizontal)
  • Mirror Margin, untuk mengatur batas halaman secara timbal balik sehingga dapat dicetak secara timbal balik. Biasanya digunakan jika kita ingin mencetak dokumen secara timbal balik dengan hasil seperti buku cetak. Perubahan terjadi pada option left dan right dimana kedua option ini diganti dengan nama Inside dan Outside. Inside, digunakan untuk pengaturan batas dokumen yang bagian dalam. Outside, digunakan untuk pengaturan batas dokumen bagian luar.
  • Apply to, digunakan untuk menentukan data jenis pengaturan. Pada option ini terdapat beberapa option lagi sebagai berikut ;
-          Whole document, artinya pengaturan margin berlaku untuk seluruh dokumen.
-          This point forward, artinya pengaturan dokumen ini berlaku mulai dari halaman yang aktif (yaitu pada posisi insertion point) sampai halaman terakhir.
-          This section, artinya pengaturan margin hanya berlaku pada halaman yang aktif saja.
-          Selected text, pengaturan hanya berfungsi pada teks yang ditandai saja.
  • Tab Paper Size, digunakan dalam pengaturan ukuran kertas dan orientasi pencetakan dokumen. Jika diklik, maka akan muncul sejumlah ukuran kertas yang disediakan oleh Word 2007. Jika ukuran kertas yang digunakan tidak ada yang cocok, maka pilihlah option Custom Size.
C. FONT
Pengaturan huruf ini dilakukan dengan menandai terlebih dahulu teks yang akan diubah, kemudian klik tab Font atau langsung ubah di kotak dialog Font.
  • Font, digunakan untuk memilih jenis huruf.
  • Font Size, digunakan untuk menentukan ukuran huruf yang telah dipilih.
  • Font Color, digunakan untuk menentukan jenis warna dari huruf yang dipilih.
  • Strikethrough, memberikan tulisan dengan diberi garis ditengah tesk tersebut. Contoh ” Efek Strikethrough “
  • Double Strikethrough, sama dengan efek diatas bedanya pada jenis ini garisnya dua. Contoh ” Efek Double Strikethrough “
  • Superscript, akan memberikan efek, teks akan naik ½ tinggi huruf. Biasanya digunakan untuk membuat perpangkatan, seperti ” x2
Subscript, akan memberikan efek, teks akan turun ½ tinggi huruf. Biasanya digunakan dalam penulisan kata-kata ilmiah, seperti ” H2O “

Pengenalan Microsoft word 2003

Microsoft Word (selanjutnya dalam tutorial ini disingkat MS Word atau Word) merupakan program untuk mengolah kata (teks). Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya skripsi, novel, laporan penelitian, laporan,dan sebagainya. Selain menulis teks, MS Word juga dapat digunakan untuk bekerja dengan tabel, teks artistik, formula, menyisipkan gambar, shape, bagan organisasi dan lainnya.

Secara default, tampilan area kerja program MS Word terdiri atas Title Bar,
Menu Bar, Tool Bar, Ruler, dan Task Pane, Ruler, scroolbar, status bar. Tampilan lembar kerja dapat dilihat seperti gambar berikut:



1. Title Bar : berisi judul dokumen dan tombol, minimize,maximize,Exit
2. Menu Bar : berisi menu-menu shorcut perintah dalam word
3. Toolbar : berisi tombol-tombol shorcut perintah dalam word
4. Tombol close dokumen
5. Task Pane : Panel task (kumpulan task dalam word)
6. Vertical scroolbar : menggeser tampilan dokumen secara vertikal
7. Horizontal scroolbar : menggeser tampilan dokumen secara horizontal
8. Halaman tempat membuat teks atau dokumen
9. Horisontal Ruler : melihat atau mengatur batas teks
10. Ruler indent : mengatur tabulasi
11. Kursor : penanda posisi aktif pengetikan secara default teks yang diketik akan ditempatkan di kursor
12. Vertikal ruler :melihat atau mengatur batas teks
13. Toolbar drawing : kumpulan tombol shorcut untuk membuat gambar atau bentuk sederhana
14. Status bar : untuk menampilkan halaman yang aktif, jumlah halaman, baris dan kolom yang aktif

Mengetik dan Memformat Dokumen

Mengetik dan Memformat Dokumen

Microsoft Word merupakan program pengolah kata yang cukup lengkap dan lebih otomatis. bahkan perintah dan fungsi yang disediakan oleh software ini menunjang berbagai keperluan mulai dari pengetikan atau penyusunan naskah biasa, laporan, surat kabar sampai dengan fax.
Pada Bab ini kita akan berkenalan dengan menu Home.
Pada menu ini terdapat kelompok toolbar
• Clipboard
• Font
• Paragraph
• Styles
• Editing
Cara memulai aplikasi Microsoft Word
Langkah-langkah :
  1. Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.
  2. Setelah muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan Pilih Microsoft Office Word 2007.
  3. Muncul Gambar berikut
Unsur-unsur utama Layar Ms Word.
  • Judul Window
Baris Judul Menampilkan nama file dan aplikasi Microsoft Word, nama file sebelum dirubah adalah Document1, Document2 dan seterusnya.
Di pojok kanan sebelahnya window terdapat button  untuk melakukan minimize, maximize dan menutup aplikasi word.
  • Office Button 
Digunakan untuk:
- Membuat file baru
- Membuka file
- Menyimpan file
- Mencetak
- Keluar dari word
Disebelah kanan office button terdapat button  yang digunakan untuk menyimpan, Undo, Redo dan Customize Quick Access Toolbar
  • Customize Quick Access Toolbar 
Digunakan untuk menampilkan button2 yang diinginkan untuk tampil pada task bar, sebagai contoh jika kita klik button open dan new document, akan muncul button tersebut pada task bar  sebagai tips, tampilkan button yang sering anda gunakan untuk mempercepat pengerjaan.
  • Menu
Menu pada Ms Word 2007 ditunjukkan pada gambar berikut

Setiap menu yang aktif (yang kita Klik) akan memunculkan toolbar dibawahnya.
  • Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar yang berbentuk tombol) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program. Sebagai contoh kalo kita klik menu Home, akan muncul toolbar berikut